Singapura Gagalkan Penyelundupan 8,8 Ton Gading Gajah

 Singapura Gagalkan Penyelundupan 8,8 Ton Gading Gajah
Singapura -
Aparat Singapura menggagalkan penyelundupan sebanyak 8,8 ton gading yang diperkirakan diambil dari hampir 300 gajah Afrika.
Ribuan kilogram gading yang nilainya diperkirakan mencapai US$ 12,9 juta atau Rp 180 miliar itu merupakan penyitaan terbesar gading gajah oleh aparat Singapura.
Selain gading, ditemukan pula 11,9 ton kulit trenggiling yang ditaksir bernilai US$ 35,7 juta atau Rp 500 miliar. Kulit-kulit itu diyakini diambil dari 2.000 ekor trenggiling.
 Kulit trenggiling juga ditemukan di dalam kontainer yang hendak diselundupkan. (Getty Images)

Kejadian penyelundupan barang ilegal ini bukan pertama kalinya terungkap di Singapura. Sejak April lalu, negara itu telah menyita 37,5 ton kulit trenggiling.
"Singapura selalu terimbas tanpa disengaja dalam perdagangan gading dunia karena dua alasan: punya konektivitas global serta keberadaan pasar domestik kecil tempat gading sebelum era 1990-an bisa dijual secara sah," kata Kim Stengert, kepala bidang komunikasi World Wildlife Fund (WWF) Singapura, kepada Reuters.
Di Asia, gading dijual untuk hiasan dan obat tradisional. Kulit trenggiling juga banyak diminati untuk obat tradisional China.
Trenggiling disebut-sebut mamalia paling banyak diperdagangkan di dunia.
Melalui Undang-Undang Spesies Terancam Punah di Singapura, hukuman maksimum bagi tindakan mengimpor, mengekspor, dan mere-eskpor hewan liar adalah denda sebanyak S$ 500.000 (Rp 5,1 miliar) dan/atau hukuman penjara selama dua tahun.
singapura
Share:

Popular Posts

infoprediksi816agent.blogspot.com

www.816win.com

infoprediksi816agent.blogspot.com

www.816agent.com